The 8 X JEFF KOONS

      Informasi Media. 25 Oktober 2022.

      THE 8 X JEFF KOONS. POP! POP! POP!

      Satu-Satunya di Asia Tenggara dan Salah Satu dari 99 unit di Dunia Hadir di Indonesia.

      Jakarta. Dalam edisi eksklusif yang hanya 99 unit di seluruh dunia, BMW M850i xDrive Gran Coupé yang diciptakan oleh Jeff Koons dan BMW hari ini ditampilkan di Indonesia. THE 8 X JEFF KOONS, kendaraan paling rumit yang dirancang sepanjang sejarah BMW pertama kali dipresentasikan kepada khalayak global pada acara Frieze Los Angeles. BMW adalah mitra jangka panjang dari pameran seni; Jeff Koons diwakili secara global, dan di Frieze Los Angeles, oleh Pace Gallery. Hal ini diimplementasikan juga pada peluncurannya hari ini di Indonesia, melalui mitra dari BMW Indonesia: Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara).

      Penampilan satu-satunya THE 8 X JEFF KOONS di Asia Tenggara ini diperuntukkan untuk rekan media serta para pelanggan setia BMW serta kolektor seni melalui acara yang disiapkan secara ekslusif, dimulai dari hari peluncuran hingga 6 November 2022. Pada peluncurannya dihadiri oleh Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dan dari pihak Museum MACAN oleh Aaron Seeto, Director Museum MACAN.
       
      Jeff Koons, memberikan komentar saat peluncuran global, “Edisi BMW Seri 8 kolaborasi ini adalah kendaraan impian saya! Ini sangat istimewa bagi saya dan saya sudah lama ingin membuat BMW edisi khusus. Sporty dan mencolok serta minimalis dan konseptual. Saya tidak sabar untuk mengendarainya, dan saya berharap orang-orang akan menikmati Gran Coupé ini sama seperti saya. Pada kendaraan, garis-garisnya semakin lebar dalam perjalanannya dari kap mesin menuju bagasi, menciptakan kesan gerakan maju seperti yang dilakukan elemen desain 'POP!'. Warna birunya menyerupai luasnya angkasa dan saya menyukai gagasan bahwa kendaraan tersebut adalah sebuah kendaraan global. Yang penting adalah bagaimana kita berhubungan satu sama lain dan kesadaran kita akan segala sesuatu yang mengelilingi kita. Untuk pengemudi dan semua penumpang, ada kesenangan di level berbeda. Inilah yang ditawarkan kendaraan saya”.
       
      Pada peluncuran di Indonesia, Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, “BMW terus berkembang dalam mencari tantangan baru. Kolaborasi global dengan Jeff Koons sekali lagi telah menginspirasi kami semua di  BMW. Belum pernah sebelumnya dalam sejarah sebuah BMW dibuat dengan visi desain yang luas seperti THE 8 X JEFF KOONS. Bagaikan sebuah 'patung bergerak' yang tidak hanya akan ditampilkan sebagai barang koleksi yang dipajang di museum tetapi juga berjalan dinamis sebagai kendaraan BMW. 
       
      Di Indonesia kami bekerjasama dengan mitra kami, Museum MACAN. Kolaborasi dengan Museum MACAN sudah berjalan cukup lama sejak tahun 2018, dan berbagai model luar biasa yang sangat kental dengan nilai seni telah diluncurkan di sini. Termasuk diantaranya BMW X4 dan BMW X7. Kali ini, untuk model istimewa THE 8 X JEFF KOONS, penjualan akan dilakukan secara lelang dimulai dari 30 Oktober 2022 melalui www.bmw.co.id/the8xjeffkoons.
       
      Aaron Seeto, Director Museum MACAN juga berikan komentarnya, ‘‘Kami merasa bangga bisa bekerja sama kembali dengan BMW tahun ini, dan memamerkan art car THE 8 X JEFF KOONS yang istimewa di Museum MACAN”.
       

      Lebih dari 200 jam waktu kerja hanya untuk pekerjaan cat eksterior.

      Desain yang ekspresif dan mencolok menggabungkan sebelas warna eksterior yang berbeda mulai dari biru hingga silver serta dari kuning hingga hitam. Hanya empat unit yang dicat setiap minggu. Interior multi-warna terdiri dari bahan yang sangat premium, leather yang halus, dan tutup cupholder dengan badge edisi dan tanda tangan sang seniman. Kulit pelapis jok terbuat dari warna merah dan biru yang mencolok, cerminkan warna pahlawan super beriorientasi dari buku komik serta warna BMW M. Secara keseluruhan, desain yang penuh semangat dan tangguh mencakup kedua elemen seni pop serta pola geometrisnya memberi kesan pada kontur dan bentuk rumit Gran Coupé Seri 8 yang sporty. Garis-garis warna yang meledak di bagian belakang, adalah penghormatan tanpa perantara kepada BMW Art Car 2010, sementara "POP!" di setiap sisi serta gambar uap melambangkan kekuatan dan kecepatan THE 8 X JEFF KOONS, menurut Jeff Koons.

       

      Lebih dari 200 jam pekerjaan manual dihabiskan oleh para profesional yang sangat terspesialisasi di pabrik BMW Group di Dingolfing dan Landshut khusus untuk pengecatan eksterior, di mana sampel warna sering diaplikasikan dengan kaca pembesar. "Energik (Energetic)," "Menggoda (Tantalizing)," dan "Kuat (Strong)" adalah cara media internasional menggambarkan art car tersebut, menyusul publikasi studi desain pertama pada kesempatan pengumuman kerja sama pada awal September 2021 di museum Pinakothek der Moderne Munich.Puluhan insinyur dan desainer telah memberikan segalanya untuk memastikan visi kolaborasi BMW dan Jeff Koons ini menjadi kenyataan. Jeff Koons sendiri telah menghabiskan waktu berhari-hari di pabrik Dingolfing selama beberapa bulan untuk mendiskusikan pilihan desain dengan karyawan BMW yang terlibat. 

       

      “Saya sangat memikirkannya: Apa inti dari BMW Seri 8 Gran Coupé? Apa inti dari kekuasaan? Bagaimana menciptakan sesuatu yang merepresentasikan semua energi BMW Seri 8 yang juga mampu menyentuh elemen manusia?” tambah Jeff.

       

      Tanda tangan Koons dengan warna biru Bavaria pada logo BMW.

      Setiap kendaraan dilengkapi dengan sertifikat format besar yang ditandatangani oleh Jeff Koons, dan juga tanda tangan Oliver Zipse (Chairman of the Board of Management BMW AG) juga berisi Vehicle Identification Number (VIN) masing-masing kendaraan. Seniman itu juga mendesain pelapis dari Driver's Manual (Panduan Pengemudi). Satu tanda tangan tambahan dari seniman tersebut dimasukkan ke dalam panel cupholder. Koons sengaja memilih warna biru Bavaria dari logo BMW.

       

      BMW 850i yang pertama adalah varian pertama dari Seri 8 yang diluncurkan pada tahun 1990 dan dirayakan sebagai awal perspektif baru kemajuan dalam otomotif yang canggih, menarik bagi penikmat seni yang menjunjung tinggi keanggunan dan performa sebagai perpaduan sempurna dari kesempurnaan. THE 8 X JEFF KOONS juga akan melanjutkan tradisi ini.

       

      Lelang Seni untuk Tujuan yang Baik.

      Pada tahun 2010, seniman asal Amerika ini telah menciptakan Art Car BMW M3 GT2 unik yang tampil di balapan Le Mans 24 Jam dan diresmikan di Centre Pompidou, Paris. Pada tahun yang sama, penyanyi rock Bono dari U2 menulis dalam sebuah editorial untuk New York Times bahwa Jeff Koons harus berperan dalam merancang kendaraan masa depan. BMW dan Koons kemudian melanjutkan percakapan dan pada awal 2020 memutuskan untuk memproduksi edisi terbatas BMW Seri 8 Gran Coupé baru, diluncurkan secara global pada 2022.

       

      Awalnya, THE 8 X JEFF KOONS akan dipajang untuk masyarakat umum di Manhattan's Rockefeller Plaza sebelum salah satu unit dari edisi tersebut, yang ditandatangani di bagian belakangnya oleh Jeff Koons, dilelang di Christie's di New York pada 4 April 2022. Hasil penjualan dari tawaran tertinggi akan diberikan kepada International Center for Missing & Exploited Children (ICMEC). Jeff Koons telah terlibat secara pribadi dengan LSM nirlaba ini selama lebih dari dua dekade.

       

      Setelah peluncuran perdananya, THE 8 X JEFF KOONS dipresentasikan di berbagai pameran seni dan acara di Eropa, Asia, dan Timur Tengah, termasuk Istanbul Contemporary, Paris Photo, Goodwood Festival of Speed, Art Dubai, West Bund Art & Design Fair Shanghai, Art Basel Hong Kong, dan pada hari ini di Museum MACAN, Indonesia.

       

      Satu-satunya unit yang hadir di Indonesia ini juga akan dilelang dengan skema yang sama seperti pada peluncuran globalnya. THE 8 X JEFF KOONS akan dilelang dan sebagian dari hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan Corporate Sustainability Program. 

       

      Sejarah Art Car BMW.

      Dimulai oleh pembalap asal Prancis dan pecinta seni Hervé Poulain dan digagas dalam kolaborasi dengan pendiri BMW Motorsport Jochen Neerpasch, BMW Art Car pertama hadir ketika keduanya meminta Alexander Calder untuk merancang mobil balap BMW Poulain pada tahun 1975. Sejak itu, 19 seniman dari seluruh dunia telah menciptakan Art Car BMW pada masanya. BMW Art Cars oleh Roy Lichtenstein, Esther Mahlangu, Jenny Holzer, Andy Warhol, David Hockney, Olafur Elíasson, Frank Stella, Robert Rauschenberg, Cao Fei dan John Baldessari, antara lain, semuanya terinspirasi oleh perkembangan seni, desain, dan teknologi. Jeff Koons merancang BMW Art Car ke-17 pada 2010, BMW M3 GT2, yang juga berkompetisi di Le Mans 24 Jam. Pada kesempatan 50 tahun BMW Group Cultural Engagement tahun lalu, Art Cars telah memasuki ranah digital dan disajikan dalam augmented reality sejak saat itu. Melalui aplikasi Acute Art, “patung-patung bergulir” digital dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia kapan saja.

       

      BMW M850i ​​xDrive Gran Coupe:

      Konsumsi bahan bakar gabungan: 11,0 – 10,7 l/100 km menurut WLTP,

      gabungan emisi CO2: 251 – 243 g/km menurut WLTP.

       

      Ketersediaan dan Harga.

      Satu-satunya unit THE 8 X JEFF KOONS di Asia Tenggara tersedia di Indonesia dan ditawarkan melalui lelang dengan harga awal Rp 9.098.000.000,- off-the-road dan lelang dimulai dari tanggal 30 Oktober 2022.

       

      Jika Anda tertarik untuk memiliki BMW Art Car: THE 8 X JEFF KOONS, silahkan kunjungi link

      berikut: www.bmw.co.id/the8xjeffkoons

       
       
      Read more

      The BMW Group

      BMW Group adalah produsen mobil dan sepeda motor terkemuka di dunia dengan empat merek, yakni BMW, MINI, Rolls-Royce dan BMW Motorrad, dan juga menyediakan layanan keuangan dan mobilitas premium. Jaringan produksi BMW Group terdiri dari 31 fasilitas produksi dan perakitan di 15 negara; perusahaan BMW memiliki jaringan penjualan global di lebih dari 140 negara.

       

      Pada tahun 2021, BMW Group menjual lebih dari 2,5 juta kendaraan penumpang dan lebih dari 194,000 sepeda motor di seluruh dunia. Laba sebelum pajak untuk tahun buku 2020 mencapai € 5,222 miliar pada pendapatan sebesar € 98,990 miliar. Per tanggal 31 Desember 2020, BMW Group memiliki tenaga kerja sebanyak 120,726 karyawan.

       

      Keberhasilan BMW Group selalu dibangun di atas pemikiran jangka panjang dan tindakan yang bertanggung jawab. Oleh karena itu perusahaan telah membentuk keberlanjutan ekologi dan sosial di seluruh mata rantai nilai, tanggung jawab produk yang komprehensif, dan komitmen yang jelas untuk melestarikan sumber daya sebagai bagian integral dari strateginya.

       


      www.bmwgroup.com

      Facebook  : http://www.facebook.com/BMWGroup
      Twitter       : http://twitter.com/BMWGroup
      YouTube    : http://www.youtube.com/BMWGroupView
      Instagram : https://www.instagram.com/bmwgroup
      LinkedIn    : https://www.linkedin.com/company/bmw

       

      BMW Group Indonesia

      BMW Group Indonesia merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Bayerische Motoren Werke (BMW) AG yang berbasis di Munich, Jerman. Pembentukan anak perusahaan ini pada bulan April 2001 menunjukkan keyakinan BMW Group pada masa depan jangka panjang Indonesia. Kegiatan BMW Group Indonesia meliputi penjualan kendaraan BMW dan MINI, suku cadang dan aksesoris, serta perencanaan menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, layanan purnajual, dan kegiatan terkait lainnya di Indonesia. Secara total 25 fasilitas BMW Group Indonesia tersebar di berbagai kota di Indonesia. Model-model tertentu dari BMW Seri 2, BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW Seri 7, BMW X1, BMW X3, BMW X5, BMW X7, dan MINI Countryman dirakit di Indonesia oleh mitra lokal. 

       


      www.bmw.co.id

      Facebook   : http://www.facebook.com/BMW.Indonesia
      Twitter        : http://twitter.com/BMW_Indonesia
      YouTube     : http://www.youtube.com/BMWIndonesia
      Instagram  : http://www.instagram.com/bmw_indonesia

       

      Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi: 

      Corporate Communications Department

      Jodie O'tania

      Tel: +62 -21 – 3950 1999

      Mobile: +62-8111534962

      Email: jodie.otania@bmw.co.id

       

      Josephine Nicole

      Tel: +62 -21 – 3950 1999

      Mobile: +62-813-9878-8721

      Email: josephine.nicole@bmw.co.id

      Read more