BMW iX1: SAV kompak full-listrik pertama BMW.
First-Ever BMW iX1 eDrive20 M Sport.
Varian full-listrik kini ditambahkan sebagai varian baru BMW X1. BMW secara konsisten perluas portofolionya di rangkaian kendaraan full-listrik lainnya dari Sports Activity Vehicle (SAV) baru di segmen kompak premium. BMW iX1 eDrive20 M Sport memungkinkan sebuah kendaraan listrik premium dengan daya tarik tetapi tetap sekaligus ekonomis. Hadir dalam satu varian model di Indonesia, BMW iX1 eDrive20 M Sport ditenagai oleh motor listrik dengan output maksimum 150 kW/204 hp (dengan peningkatan sementara) dan memiliki jangkauan 474 kilometer** (WLTP).
Dengan memperluas jangkauannya di segmen mobil kompak premium, BMW Group membuka peluang berkendara bebas emisi lokal kepada kelompok sasaran yang luas dan dengan demikian memberikan dorongan tambahan untuk meningkatkan mobilitas elektronik.
Penggerak listrik yang sangat efisien, teknologi pengisian daya tercanggih, jangkauan luar biasa.
Seperti pada semua kendaraan listrik BMW saat ini, BMW iX1 eDrive20 M Sport juga menggunakan teknologi BMW eDrive generasi kelima. Unit penggerak yang sangat terintegrasi pada gandar depan model entry-level baru menghasilkan torsi maksimum yang tersedia secara instan sebesar 250 Nm. SAV kompak full-listrik ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 8,6 detik.
Baterai tegangan tinggi yang ditempatkan di lantai kendaraan untuk menghemat ruang, memiliki kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 64,78 kWh. Kepadatan energinya yang tinggi, bersama dengan efisiensi motor elektrik, berkontribusi pada konsumsi daya mobil yang menguntungkan dan memberikan jangkauan yang sangat baik dibandingkan kompetitor. Unit Pengisian Gabungan pada BMW iX1 eDrive20 M Sport memungkinkan pengisian daya AC hingga 22 kW sebagai standar. Hal ini memungkinkan baterai bertegangan tinggi diisi dari nol hingga 100 persen dari kapasitasnya dalam waktu 6,5 jam**. Status pengisian baterai dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80% dalam waktu 29 menit di stasiun pengisian cepat.
Waktu pengisian daya yang singkat antara lain disebabkan oleh perangkat lunak pengisian daya yang sangat efisien. Daya pengisian daya dapat dikontrol secara spesifik saat energi dialirkan. Selain itu, manajemen termal antisipatif memastikan bahwa suhu baterai bertegangan tinggi dikontrol secara optimal pada waktu yang tepat sebelum singgah di stasiun pengisian cepat. Saat sistem navigasi aktif, baterai secara otomatis dipra-kondisikan sebelum pengisian daya direncanakan dihentikan. Pra-pengkondisian baterai dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual oleh pelanggan kapan saja.
Pengoperasian tingkat lanjut berkat BMW iDrive baru dengan "QuickSelect".
BMW iX1 eDrive20 M Sport menawarkan rangkaian perlengkapan standar yang lengkap, termasuk sistem navigasi BMW Maps, AC otomatis 2 zona, berbagai sistem bantuan pengemudi modern, Parking Assistant termasuk Reversing Assist Camera dan berbagai layanan digital inovatif. BMW iDrive baru dengan "QuickSelect" dan Sistem Operasi BMW 9 baru juga merupakan perlengkapan standar. Hal ini memungkinkan konten digital yang lebih luas untuk informasi dan hiburan, siklus pembaruan yang lebih cepat untuk fungsi over-the-air serta akses yang dioptimalkan ke banyak layanan online tertentu seperti aplikasi pihak ketiga, layanan navigasi dan parkir yang diperluas, serta kemungkinan tambahan untuk personalisasi. misalnya melalui My Modes lebih lanjut. Dengan cara ini, Sistem Operasi BMW 9 juga menciptakan kondisi bagi pelanggan untuk menyesuaikan sistem hingga tingkat tinggi dengan layanan digital tambahan, yang tersedia dalam penawaran BMW Digital Premium baru.
BMW Curved Display adalah jantung dari tampilan dan sistem kontrol. Ini terdiri dari Tampilan Informasi 10,25 inci dan Tampilan Kontrol dengan diagonal layar 10,7 inci di bawah permukaan kaca umum yang melengkung ke arah pengemudi. BMW iDrive generasi terbaru dilengkapi layar start yang didesain ulang dengan "QuickSelect".
Artinya sistem telah menerima struktur menu yang ditingkatkan, berorientasi pada perangkat dari sektor elektronik konsumen. "QuickSelect" memungkinkan berbagai fungsi diakses secara langsung tanpa harus beralih ke submenu. Ini berarti bahwa BMW iDrive baru bahkan lebih konsisten diarahkan pada pengoperasian sentuh yang intuitif dan kontrol melalui bahasa alami.
Desain: permukaan modern, visual yang menarik dan tampilan kokoh sebagai anggota keluarga BMW X.
Desain permukaan, garis, dan detail aksen eksterior BMW iX1 tampilkan identitas Sports Activity Vehicle-nya dengan lebih jelas. Fitur desain yang khas termasuk proporsi yang kuat, kontur lengkungan roda yang hampir persegi dan gaya khas model BMW X di ujung depan dan belakang.
Ujung depan yang tegas sama dengan BMW X1 terbaru memberikan visual yang tampak jauh lebih besar, didukung dengan lampu depan LED ramping, BMW kidney grille berukuran besar dalam bentuk yang ‘hampir‘ persegi, garis-garis berbentuk X ke samping dan chrome strips yang eye-catching di lower air intake semuanya tegaskan desain terbaru ini.
BMW iX1 eDrive20 M Sport hadir sebagai standar dengan velg ringan 19 inci Double–spoke style 871 M Bicolour. Adapun untuk tekankan ciri khas kendaraan full-listrik BMW, BMW iX1 eDrive20 M Sport juga dilengkapi dengan aksen BMW i Blue.
Interior: suasana progresif, kabin serbaguna.
Posisi duduk yang ditinggikan dan suasana premium progresif yang dicontohkan oleh BMW iX menciptakan pengalaman berkendara yang khas di dalam SAV kompak. Elemen kunci dari kabin yang di-desain ulang adalah panel instrumen yang ramping, BMW Curved Display, sandaran tangan "floating" dengan panel kontrol terintegrasi dan smartphone tray dan penerangan tidak langsung di depan konsol tengah.
Seats yang baru dikembangkan tersedia pada upholstery Sensatec perforated sebagai standar. Peningkatan dibuat untuk kenyamanan akustik dan perlindungan penumpang. Konsep keamanan pasif terintegrasi kini telah mencakup interaksi baru airbag di antara jok depan.
Kompartemen belakang BMW iX1 mencakup tiga full-sized seats menawarkan peningkatan luar biasa dalam kenyamanan tempat duduk. Jok belakang yang terbagi dalam 40: 20: 40 split bisa dilipat atau disesuaikan sudutnya untuk memperluas kapasitas bagasi. Kapasitas bagasi iX1 dari 490 liter dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.495 liter.
Karakter premium semakin ditingkatkan lagi dengan panorama glass roof dan HiFi loudspeaker system Harman Kardon.
Beragam variasi sistem untuk mengemudi dan parkir.
Kemajuan teknologi yang dibuat pada BMW iX1 tampak jelas pada variasi yang jauh lebih banyak di sistem mengemudi dan parkir otomatis yang kini tersedia untuk digunakan. Driving Assistant memiliki fitur Radarbased driver assistance system consis terdiri dari Lane Change Warning, rear crossing traffic warning with brake intervention, exit warning, Rear Collision Prevention, serta Driving Assistant Plus preparation. Parking Assistant kini termasuk Camera and ultrasound-based driver assistance system terdiri dari Park Assist, Active Park Distance Control, Reversing Assistant, Lateral Parking Aid dan Reversing Assist Camera.
Kendaraan listrik premium no.1 di Indonesia, hadir lebih bertenaga:
BMW iX xDrive50 Sport.
BMW iX adalah Sport Activity Vehicle modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman, luas dan kemewahan minimalis. BMW tetapkan standar tinggi untuk keberlanjutan dimulai dari konsep kendaraan, pemilihan bahan, ekstraksi bahan baku, dan produksi BMW iX. Setelah meluncurkan varian pertama BMW iX di Indonesia pada 2022, yaitu BMW iX xDrive40 yang memiliki output lebih dari 326 hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.
Kini BMW Indonesia meluncurkan BMW iX xDrive50 Sport dengan output 385 kW/523 hp sehingga kendaraan ini mampu mencapai 0 hingga 100km/jam di bawah 5 detik, tepatnya 4,6 detik.
Penggunaan bahan daur ulang, ramah lingkungan dan energi terbarukan.
BMW Group mendapatkan kobalt dan lithium yang dibutuhkan untuk baterai tegangan tinggi dari sumber yang terpercaya di Australia dan Maroko, sebelum memasoknya ke produsen sel baterai. Seperti dalam produksi kendaraan secara keseluruhan di BMW Group Plant Dingolfing, sel baterai diproduksi menggunakan tenaga hijau eksklusif dari sumber bersertifikat. Dan sejak Februari 2021 perusahaan telah membeli aluminium yang diproduksi menggunakan listrik dari pembangkit energi surya. Pentingnya konservasi sumber daya dalam produksi BMW iX diperjelas dengan tingginya proporsi aluminium sekunder dan plastik daur ulang yang digunakan. Interior kendaraan menggunakan kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC), dan bahan alami lainnya. Di antara bahan baku yang digunakan untuk floor cover dan mat adalah daur ulang jaring ikan.
Motor listrik: meningkatkan dinamisme, mengurangi penggunaan bahan baku langka.
Selain itu, motor listrik untuk BMW iX hadir dengan desain yang memungkinkan menghindari penggunaan bahan langka. Mereka bekerja sesuai dengan prinsip motor sinkron eksitasi arus. Eksitasi rotor di motor BMW iX tidak diinduksi oleh magnet permanen tetap, tetapi melalui energi listrik. Ini menghilangkan kebutuhan akan bahan penting yang digunakan untuk memproduksi magnet, oleh karena itu BMW Group tidak bergantung pada ketersediaannya.
Desain khusus ini juga memiliki efek positif pada karakteristik performa motor. Eksitasi rotor yang dikontrol secara presisi dengan menggunakan tenaga listrik memungkinkan torsi puncak untuk di tekan secara penuh segera saat ditarik. Dan – tidak seperti motor listrik dengan desain konvensional – torsi tersebut dipertahankan pada pita putaran yang sangat lebar. Ciri khas dari pengalaman berkendara di atas BMW iX adalah tarikan tenaga seketika dan konsisten, tunjukkan keunggulan sporty khas BMW.
Sistem penggerak yang efisien dan teknologi baterai terbaru meningkatkan jangkauan.
Motor listrik, transmisi, dan elektronika daya BMW iX hadir bersama sebagai paket yang sangat terintegrasi dalam satu atap. Konstruksi kompak ini menguntungkan efisiensi sistem penggerak. Selain didorong oleh aerodinamis yang dioptimalkan dan desain ringan yang cerdas, BMW iX hasilkan efisiensi yang menonjol untuk segmennya. Konsumsi daya listrik BMW iX xDrive50 Sport rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 21 kWh per 100 kilometer.
Seperti motor listrik, elektronika daya, dan teknologi pengisian daya untuk BMW iX, baterai tegangan tinggi juga merupakan produk dari teknologi BMW eDrive generasi kelima. Diposisikan di bawah lantai kendaraan sebagai komponen integral dari bodi. Kepadatan energi gravimetri baterai lithium-ion telah meningkat sekitar 20% dibandingkan baterai generasi sebelumnya.
Sel baterai diproduksi sesuai dengan spesifikasi yang tepat dari BMW Group dan diintegrasikan ke dalam baterai tegangan tinggi model khusus. Oleh karena itu, unit baterai BMW iX xDrive50 Sport memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 100 kWh hasilkan jangkauan yang dihitung WLTP hingga 630 kilometer*.
Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi. BMW iX xDrive50 Sport dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti mengisi daya selama 10 menit dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 120 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 10% ke 80% di bawah 40 menit.
Modernisasi menuju era mengemudi otomatis.
Toolkit teknologi baru memulai debutnya di BMW iX, menyediakan platform untuk kemajuan signifikan di bidang mengemudi otomatis dan layanan digital. Tingkat daya komputasi telah dikembangkan untuk memproses 20 kali volume data model sebelumnya. Hasilnya, sekitar dua kali lipat jumlah data dari sensor kendaraan yang dapat diproses dari sebelumnya.
Desain terbaru dan inovatif untuk pengalaman berkendara listrik terdepan.
BMW iX memimpin jalan untuk kendaraan listrik masa depan di mana BMW mendefinisikan ulang Sustainability/keberlanjutan, Sheer Driving Pleasure, dan arti sebuah kendaraan premium. Karakter ini terlihat jelas dalam desain kendaraan yang dikembangkan dari dalam ke luar. Oleh karena itu, BMW iX diciptakan untuk tingkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bagi pengemudi dan penumpang.
Desain eksterior yang modern dan minimalis tampilkan bentuk kendaraan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan seluruh penumpang kendaraan. Interiornya tawarkan pilihan inovatif bagi penumpang untuk menggunakan waktu selama perjalanan – dan menikmati relaksasi, keselamatan, keamanan, dan bentuk kemewahan baru dalam prosesnya.
MINI Clubman Final Edition.
Pada tahun 1969, Mini Clubman pertama membuat pernyataan yang jelas, yang diungkapkan oleh desainer Roy Haynes sebagai berikut: "Kesan bahwa hanya benda jelek yang dapat berfungsi telah hilang." Kendaraan yang penuh gaya ini menimbulkan sensasi sejak awal antara tahun 1969 dan 1981 dengan ciri khas pintu terbelah di bagian belakang. Saat itu, Mini Clubman menaklukkan pasar otomotif sebagai station wagon dengan wheelbase panjang dan bodi shooting-brake memanjang.
Untuk edisi baru tahun 2007, MINI Clubman menghadirkan interpretasi modern dari konsep shooting-brake klasik. Untuk akses ke belakang, hanya terdapat satu pintu di sisi kanan kendaraan yang terbuka ke belakang. Dengan model generasi ketiga dari tahun 2015, MINI Clubman bertambah lagi hingga kini memiliki panjang 4,25 meter dan menjadi lebih lega serta nyaman berkat jarak sumbu roda yang lebih panjang dan dua pintu samping belakang berukuran penuh.
Bersama dengan pintu belakang terpisah yang unik, MINI Clubman tetap menjadi salah satu model MINI paling serbaguna hingga saat ini. Bagasi yang luas memudahkan untuk memuat kompartemen bagasi yang saat ini mampu menampung hingga 1.250 liter.
Kini hadir secara eksklusif 1.969 unit secara global – dengan alokasi 50 unit untuk Indonesia – MINI Clubman Final Edition gabungkan nilai Clubman yang legendaris dengan tradisi brand MINI dengan elemen desain eksklusif dan karakteristik yang kuat.
Ditenagai mesin bensin empat silinder dengan teknologi MINI TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 178 hp, MINI Clubman Final Edition ditawarkan dalam varian Cooper S yang selalu mengedepankan dinamika berkendara, gaya, dan kenyamanan.
Sebagai edisi khusus, MINI Clubman Final Edition tersedia dalam balutan warna Nanuq White, Enigmatic Black, dan Melting Silver. Dengan detail karismatik dalam warna Shimmer Copper, edisi terbatas ini mengacu pada sejarah desain dari bakat-bakat luar biasa. Bagian sekeliling dan sepertiga atas palang kisi-kisi radiator diberi warna edisi berkilauan, begitu pula MINI Cooper S Blade khas model dan scuttle samping. Pola grafis pada velg ringan 18 inci pada desain Final Edition Spoke 2-tone juga diberi finishing dengan pernis bening berwarna yang mengingatkan pada Copper (tembaga), memberikan rona berkilauan yang elegan.
Di bagian bawah pintu samping, garis-garis khas MINI menonjolkan bodi memanjang dari konsep shooting-brake yang ikonik. Garis-garis ini juga ditemukan di kap mesin sisi penumpang dan di sisi kanan pintu terpisah. Tulisan "Final Edition" yang berkilauan dengan elegan menunjukkan edisi khusus, begitu pula lencana "1 of 1969" di sisi pilar C. Lampu belakang Union Jack mengacu pada histori MINI Clubman asal Inggris.
Detail-detail eksklusif di interior.
Interior MINI Clubman Final Edition menonjolkan aura eksklusif Special Edition dengan berbagai detail perlengkapan. Misalnya, trim pintu dengan tulisan "Final Edition" yang juga terdapat di ruji bawah roda kemudi sporty namun nyaman dengan bahan Nappa leather, menciptakan suasana istimewa pada model edisi tersebut. Jok sport leather MINI Yours yang nyaman dengan penyangga yang dapat disesuaikan dan lencana eksklusif, dijahit dan diberi finishing dalam warna Dark Maroon. Semuanya dilengkapi dengan penuh gaya dengan sisipan kain Piquet berwarna antrasit dan jahitan kontras biru.
Di kokpit, hal pertama yang menarik perhatian dari panel instrumen tengah adalah trim dasbor berwarna gelap, yang dibingkai dengan harmonisasi strip trim dalam warna Sage Green Dark yang matte dan warna Shimmer Copper khusus untuk Final Edition ini. Di sisi penumpang, lencana "1 of 1969" pada trim juga mengingatkan interior eksklusivitas MINI Clubman Final Edition. Lencana dengan desain yang sama juga ditemukan pada alas karpet, dan tulisan grafis juga menjadi ciri di kunci kendaraan MINI Clubman Final Edition.
Perlengkapan standar mencakup layar sentuh 8,8 inci di instrumen pusat dan integrasi smartphone untuk menggunakan Apple CarPlay dan aplikasi lain melalui sistem kendali kendaraan itu sendiri. Sistem kontrol MINI generasi terbaru mengoptimalkan pilihan kontrol fungsi kendaraan, program audio, komunikasi, navigasi, dan aplikasi yang cepat dan intuitif.